Karena Posyandu dan Posbindu Harus ditingkatkan

DIST_T (03/09) – Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang memudahkan masyarakat memantau tumbuh kembang bayi dan balita yang diselenggarakandari, oleh ,untuk masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan. Posyandu juga merupakan jembatan utama puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Peran posyandu sangat penting karena posyandu sebagai pelayanan pada tingkat yang paling dasar dalam  memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu melalui kegiatan penimbangan dan pemantauan tumbuh kembang bayi dan anak balita, pemberian makanan tambahan, pelayanan imunisasi,  serta penyuluhan kesehatan .

Bertempat di Balai Desa Blimbing, pelaksanaan kegiatan posyandu II berkolaborasi dengan Posbindu yang ,dilaksanakan pada hari ini, Selasa  tanggal 03 September 2019, acara yang diselenggarakan hari ini didampingi oleh Bidan Desa( Dhian .P) sekaligus dalam kegiatan ini beliau menyampaikan bahwa pentingnya masalah Gizi untuk tumbuh kembang seorang balita.

Pada Kesempatan kali ini Bu.Yayuk selaku Ketua kader posyandu menjelaskan “tak jauh berbeda dengan Posyandu dan Posbindu yang lainnya. Jika kegiatan Posyandu adalah kemudahan dan mendapatkan informasi pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita, pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi buruk dsb” pungkasnya.

Sedangkan kegiatan Posbindu adalah, melakukan kegiatan deteksi dini penyakit tidak menular seperti  hipertensi, kolesterol, asam urat, diabetes ,serta obesitas sehingga kita dapat mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resikonya dengan melakukan kegiatan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan,pengukuran lingkar perut dan pengukuran tekanan darah.’ Papar Rizka

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?